Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Masa Inkubasi Berbagai Macam Penyakit


Berdasarkan masa inkubasi, laten, dan durasi, maka penyakit dapat diklasifikasi ke dalam 4 kategori:
1.      Masa laten pendek, durasi pendek
2.      Masa laten panjang, durasi pendek
3.      Masa laten pendek, durasi panjang
4.      Masa laten panjang, durasi panjang.
Batas waktu panjang- pendek antara 4-12 bulan.


Masa inkubasi (laten)
Durasi pendek
Durasi panjang
Pendek
Kolera
Influenza
DBD
SARS
Botulisme
Toxic shock syndrome
Sifilis
Tuberkulosis
Malaria
Spina bifida
Panjang
Ca pancreas
Ca Paru-paru
HIV/AIDS
Leukimia limfatik akut
Episode skizofrenia akut
Hipertensi
Osteoartritis
Diabetes melitus
Demensia senilis
Skizofenia
Tabel I. Klasifikasi penyakit menurut masa inkubasi (laten) dan durasi


Contoh, kolera membutuhkan beberapa jam hingga 2-3 hari untuk menunjukkan tanda dan gejala klinis, dan waktu singkat untuk resolusi. Tuberkulosis membutuhkan waktu singkat untuk menunjukkan manifestasi klinis, tetapi waktu lama untuk sembuh. Ca kaput pankreas membutuhkan waktu lama untuk menunjukkan manifestasi klinis, tetapi waktu pendek untuk menyebabkan kematian. Diabetes melitus memerlukan waktu lama untuk menunjukkan manifestasi klinis maupun untuk sembuh atau meninggal.
Masa laten dan durasi penyakit mempengaruhi strategi pencegahan penyakit. Makin pendek masa laten, makin urgen upaya pencegahan primer dan sekunder. Makin pendek “sojourn time”, makin kurang bermanfaat melakukan skrining. Makin pendek durasi, makin mendesak upaya pencegahan tersier. Makin panjang durasi, makin besar peluang untuk melakukan upaya pencegahan akibat penyakit dengan lebih seksama. Meski demikian, sejumlah penyakit kronis memiliki karakteristik paradoksal: sekalipun durasi panjang tetapi bisa menyebabkan kematian mendadak (sudden death),misalnya, stroke dan serangan jantung.

III.            Konsep Tingkat Pencegahan

[2]Pengetahuan tentang perjalanan penyakit dan faktor-faktor yang mempengaruhi berguna untuk menemukan strategi pencegahan penyakit yang efektif. Pencegahan penyakit adalah tindakan yang ditujukan untuk mencegah, menunda, mengurangi, membasmi, mengeliminasi penyakit dan kecacatan, dengan menerapkan sebuah atau sejumlah intervensi yang telah dibuktikan efektif.

Tingkat pencegahan
Jenis intervensi
Tujuan intervensi
Pencegahan primer
Modifikasi determinan/ faktor risiko/ kausa penyakit, promosi kesehatan, dan perlindungan spesifik
Mencegah atau menunda kejadian baru penyakit
(dilakukan pada periode prepatogenesis)
Pencegahan sekunder
Deteksi dini penyakit dengan skrining dan pengobatan segera
Memperbaiki prognosis kasus (memperpendek durasi penyakit, memperpanjang hidup)
Pencegahan tersier
Pengobatan,rehabilitasi, pembatasan kecacatan
Mengurangi dan mencegah sekulae dan disfungsi, mencegah serangan ulang, meringankan akibat penyakit, dan memperpanjang hidup
Tabel II. Tiga Tingkat Pencegahan

[3]Pencegahan primer adalah upaya memodifikasi faktor risiko atau mencegah berkembangnya faktor risiko, sebelum dimulainya perubahan patologis, dilakukan pada tahap susceptibel dan induksi penyakit, dengan tujuan mencegah atau menunda terjadinya kasus baru penyakit. Terma yang berkaitan dengan pencegahan primer adalah “pencegahan primordial” dan “reduksi kerugian”.[4] Pencegahan primordial adalah strategi pencegahan penyakit dengan menciptakan lingkungan yang dapat mengeliminasi faktor risiko, sehingga tidak diperlukan intervensi preventif lainnya. Contoh: (1) Program eliminasi global cacar (variola), sehingga tidak diperlukan imunisasi cacar; (2) Penciptaan lingkungan bersih sehingga tidak diperlu- kan pengabutan nyamuk Aedes agypti; (3) Program eliminasi garam dari semua makanan yang jika tercapai sangat efektif untuk mencegah hipertensi.

        




Contoh pencegahan primer, yaitu :
a.       Menghindari obesitas
b.       Menghindari rokok
c.        Perilaku hidup bersih dan sehat
d.       Mengindari bahan pengawet, pewarna
e.        Makan bergizi seimbang
f.        Istirahat cukup
g.        Olah raga teratur
Reduksi kerugian (harm reduction) adalah program yang bertujuan untuk mereduksi kerugian kesehatan pada populasi, meskipun mungkin tidak mengubah perilaku. Sebagai contoh, pada tahun 1990an sejumlah kota di AS melakukan eksperimen berupa program penukaran jarum (needle exchange program). Dalam program itu jarum bekas pengguna obat intravena ditukar dengan jarum bersih yang diberikan gratis oleh pemerintah kota. Tujuan program adalah memperlambat penyebaran HIV, meskipun tidak menurunkan dan bahkan bisa mendorong peningkatan penyalahgu- naan obat. Argumen yang dikemukakan untuk membenarkan strategi tersebut, kerugian yang dialami oleh penerima lebih rendah jika menggunakan jarum bersih. Program seperti itu menjadi kontroversial jika sebagian masyarakat memandang dana publik telah digunakan untuk mendukung aktivitas/ perilaku yang tidak sehat.
Pencegahan sekunder merupakan upaya pencegahan pada fase penyakit asimtomatis, tepatnya pada tahap preklinis, terhadap timbulnya gejala-gejala penyakit secara klinis melalui deteksi dini (early detection). Jika deteksi tidak dilakukan dini dan terapi tidak diberikan segera maka akan terjadi gejala klinis yang merugikan. Deteksi dini penyakit sering disebut “skrining”. Skrining adalah identifikasi yang menduga adanya penyakit atau kecacatan yang belum diketahui dengan menerapkan suatu tes, pemeriksaan, atau prosedur lainnya, yang dapat dilakukan dengan cepat. Tes skrining memilah orang-orang yang tampaknya mengalami penyakit dari orang- orang yang tampaknya tidak mengalami penyakit. Tes skrining tidak dimaksudkan sebagai diagnostik. Orang-orang yang ditemukan positif atau mencurigakan dirujuk ke dokter untuk penentuan diagnosis dan pemberian pengobatan yang diperlukan.
Skrining yang dilakukan pada subpopulasi berisiko tinggi dapat mendeteksi dini penyakit dengan lebih efisien daripada populasi umum. Tetapi skrining yang diterapkan pada populasi yang lebih luas (populasi umum) tidak hanya tidak efisien tetapi sering kali juga tidak etis. Skrining tidak etis dilakukan jika tidak tersedia obat yang efektif untuk mengatasi penyakit yang bersangkutan, atau menimbulkan trauma, stigma, dan diskriminasi bagi individu yang menjalani skrining. Sebagai contoh, skrining HIV tidak etis dilakukan pada kelompok risiko tinggi jika tidak tersedia obat antiviral yang efektif, murah, terjangkau oleh individu yang ditemukan positif mengidap HIV. Selain itu skrining HIV tidak etis dilakukan jika hasilnya mengakibatkan individu yang ditemukan positif mengalami stigmatisasi, pengucilan, dan diskriminasi pekerjaan, asuransi kesehatan, pendidikan, dan berbagai aspek kehidupan lainnya.
Deteksi dini pada tahap preklinis memungkinkan dilakukan pengobatan segera (prompt treatment) yang diharapkan memberikan prognosis yang lebih baik tentang kesudahan penyakit daripada diberikan terlambat.
Contoh pencegahan sekunder, yaitu :
a.       Diagnosis awal
b.       Pengobatan cepat dan tepat
c.        Kemo-profilaksis
d.       Screening (pencarian penderita dengan gejala umum)
Pencegahan tersier adalah upaya pencegahan progresi penyakit ke arah berbagai akibat penyakit yang lebih buruk, dengan tujuan memperbaiki kualitas hidup pasien. Pencegahan tersier biasanya dilakukan oleh para dokter dan sejumlah profesi kesehatan lainnya (misalnya, fisioterapis).
Pencegahan tersier dibedakan dengan pengobatan (cure), meskipun  batas perbedaan itu tidak selalu jelas. Jenis intervensi yang dilakukan sebagai pencegahan tersier bisa saja merupakan pengobatan. Tetapi dalam pencegahan tersier, target yang ingin dicapai lebih kepada mengurangi atau mencegah terjadinya kerusakan jaringan dan organ, mengurangi sekulae, disfungsi, dan keparahan akibat penyakit, mengurangi komplikasi penyakit, mencegah serangan ulang penyakit, dan memperpanjang hidup. Sedang target pengobatan adalah menyembuhkan pasien dari gejala dan tanda klinis yang telah terjadi. Sebagai contoh, menurut CDC (dikutip Library Index, 2008), perbaikan yang sedang- sedang saja dalam pengendalian glukose darah dapat membantu mencegah retinopati, neuropati, dan penyakit ginjal pada orang dengan diabetes. Menurunkan tekanan darah bisa mengurangi komplikasi kardiovaskuler (penyakit jantung dan stroke) sebesar 50%, dan mengurangi risiko retinopati, neuropati, dan penyakit ginjal.
Menurunkan berbagai lemak (lipid) darah, yakni kolesterol darah, low-density lipoproteins (LDL), dan trigliserida, dapat menurunkan komplikasi kardiovaskuler sebesar 50% pada orang dengan diabetes (CDC, dikutip Library Index, 2008).
Deteksi dini dan pengobatan segera penyakit mata diabetik dapat mengurangi risiko kebutaan atau kehilangan penglihatan (visus) sekitar 50%. Demikian pula deteksi dini dan pengobatan segera penyakit ginjal dapat menurunkan dengan tajam risiko kegagalan ginjal, dan perawatan kaki dapat menurunkan risiko amputasi sebesar 85% pada pasien dengan diabetes (CDC, dikutip Library Index, 2008).

Contoh pencegahan tersier, yaitu :
a.       Mencegah penyakit agar tidak bertambah parah
b.       Mencegah: kematian, kecacatan
Rehabilitasi: fisik, mental, social


 Kleinbaum et al., 1982

Kleinbaum et al., 1982; Last, 2001
AHA Task Force, 1998
Wallace. 2007
http://dr-suparyanto.blogspot.com/2010/06/riwayat-alamiah-penyakit.html

Last. 2001

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

http://kesmas-online.blogspot.com/