Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Spektrum penyakit dan Iceberg


Spektrum penyakit adalah berbagai variasi tingkatan simptom dan gejala penyakit menurut intensitas infeksi atau penyakit pada penderitanya,  dari yang ringan, sedang, sampai yang berat dengan komplikasi pada organ-organ vital.
Intensitas infeksi dan derajat penyakit bergantung kepada:
a.       Agent – jenis kuman, jumlah kuman, kualitas (virulensi kuman, toksisitas), kemampuan biologis, dsb.
b.      Host manusia – umur, jenis kelamin, kondisi fisiologis (hormonal),  daya tahan tubuh, genetik, faktor gizi, lingkungan yang melemahkan, dsb.

Selannjutnya mengenai fenomena gunung es atau lebih dikenal fenomena  Iceberg. Fenomena gunung es (Iceberg Phenomenon) merupakan sebuah metafora (perumpamaan) yang menekankan bahwa bagian yang tak terlihat dari gunung es jauh lebih besar daripada bagian yang terlihat di atas air. Artinya, pada kebanyakan masalah kesehatan populasi, jumlah kasus penyakit yang belum diketahui jauh lebih banyak daripada jumlah kasus penyakit yang telah diketahui. Fenomena gunung es menghalangi penilaian yang tepat tentang besarnya beban penyakit (disease burden) dan kebutuhan pelayanan kesehatan yang sesungguhnya, serta pemilihan kasus yang representatif untuk suatu studi. Mempelajari hanya sebagian dari kasus penyakit yang diketahui memberikan gambaran yang tidak akurat tentang sifat dan kausa penyakit tersebut.


fk.uns.ac.id/index.php/download/file/14
Morris, 1975; Duncan, 1987

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

http://kesmas-online.blogspot.com/