Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

STRES


Penelitian telah menemukan  beberapa faktor psikologi  yang memodifikasi dampak stres pada satu individu. Salahstu dari faktor-faktor tersebut adalah dukungan sosial-rasa nyaman,  perhatian, penghargaan,  bantuan yang diterima dari teman-teman atau group tertentu.
Ada 5 macam dukungan yang dasar, yitu : 1. Emosi 2. Penghargaan 3. Sesuatu yang nyata atau instrumental 4. Informasi 5. Jaringan(hubungan)
Dukungan sosial timbul untuk mengurangi pengalaman stres dan pada umumnya dapat meningkatkan kesehatan. Dukungan ini bisa menurunkan angka kematian kemungkinan terjadinya Sakit .keuntungan ini diliahat menjadi dua bentuk :
1.      Dukungan sosial dapat mencegah efek negatif  yang  muncul dari perlawana rasa stres yang tinggi
2.      Dukungansosial mampu meningkatkan kesehatan dan lepas dari tingkat stres kepada dorongan gaya hidup sehat

Psikologi  yang mengubah rasa stres  adalah suatu rasa yang mengontrol diri seseorang terhadap  kejadian-kejadian dalam kehidupan mereka. Pesonal control (control pribdi) meliputi kepercayaan locus(tempat ) kontrol seorang- yaitu, apakah berasal dari dalam atau dari dalam diri seseorang- dan efisiensi diri.

Hardiness(ketabahan) juga merupkan  contoh lain daripsikologi modifair. Idividu-individu  yang  tabah memiliki rasa, comitmen, tantangan yang kuat. Mereka akan cenderung mengingat sehat ketika mereka berada dalam keadaan stres dibandingkan individu yang hanya memiliki sedikit rasa tabah / sabar.

Bentuk  lain dari psikologi modifier adalah kecendungan seorang terhadap tingkah laku yang lain, baik itu tingkah laku jenis A atau jenis B. Tingkah laku tipe A mempunyai tiga karakter, yaitu :
1.      Punya orientasi prestasi bersaing
2.      Menghargai waktu
3.      Pemarah atau jiwa permusuhan
Berbeda bengan tipe B, tipe A adalah individu yang cepat respon baik itu dalam psikologi ataupun keadaan stres mereka.

Stres mempengaruhi kesehatan dalam dua cara, yaitu :
                   I.            Stres dapat mempengaruhi kesehatan yang berkaitan dengan tingkah laku (behavior)contohnya yang mengkonsumsi rokok dan alkohol
                II.            Yang mempengaruhi perubahan pada fisik.  Contohnya ketika endokrin meleaskan katekolamin, dan kartikosteroid yang bias menyebabkan kerusakan pada hati dan  aliran darah  serta merusak sistem fungsional imun kita.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

http://kesmas-online.blogspot.com/